Senin, 06 Desember 2010

KASIH

Melihat kata kasih tentu yang ada di benak kita adalah kasih sayang. Kasih sayang dapat diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka terhadap sesuatu. Kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya seakan akan merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh.
Kasih sayang dapat diuraikan sebagai berikut :
      1. Kasih sayang terhadap Tuhan
        Kasih sayang atau cinta kepada tuhan merupakan cinta yang mengarahkan kita terhadap semua bentuh kasih sayang terhadap yang lainnya.
      2. Kasih sayang terhadap diri sendiri
        Kasih sayang dan cinta terhadap diri sendiri sangatlah penting karena kasih sayang terhadap diri sendiri berperan dalam menjaga diri sendiri dari segala sesuatu.
      3. Kasih sayang terhadap sesama
        Kasih sayang terhadap sesama merupakan tindakan yang ikhlas dari hati nurani untuk menyayangi. Karena manusia makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Contohnya yaitu cinta terhadap keluarga, cinta terhadap teman, dll.
Menurut Erick Fromm, ada empat syarat untuk mewujudkan cinta dan kasih sayang terhadap sesama tersebut, yaitu :
      1. Knowledge (pengenalan)
      2. Responsibility (tanggung jawab)
      3. Care (perhatian)
      4. Respect (saling menghormati)

Islam mengajarkan kita untuk memupuk rasa kasih sayang tersebut. Bukan hanya sekedar cinta lahiriah, tetapi juga batiniah. Cinta batiniah inilah yang dinamakan cinta Universal, yang lebih bertumpu pada rasa belas kasih antar sesama. Kecintaan ini tidak pernah dibedakan antara muslim dan non-musllim, tidak terikat akan keindahan fisik, tidak memandang faktor ekonomi, melainkan lebih bersifat batiniah dan keluhuran akhlak. Inilah sifat kemanusiaan yang bersumber kepada sifat-sifat Allah yang Maha Menyayangi tanpa pilih kasih.

Salah satu contoh nyata dalam mewujudkan kasih sayang adalah komunikasi, tentunya komunikasi yang menyejukan hati. Seperti komunikasi yang tercipta dalam sebuah keluarga yang harmonis, yaitunya keluarga yang melimpahkan kasih sayang dengan komunikasi yang sehat dan berimbang sesuai dengan kebutuhan mereka. Biasanya hal ini berpengaruh pada perkembangan seorang anak. Ucapan yang penuh kasih sayang dari ibu dan ayah yang selalu terdengar menyejukkan, sesungguhnya mengajarkan cara berbicara dan bergaul yang baik bagi sang anak. Dari sinilah awal pembentukan kerakter dan pribadi-pribadi yang mulia, berbakti kepada kedua orang tua dan berguna bagi masyarakat. Dengan hal ini pun kita menyadari bahwa INDAHNYA KASIH SAYANG.

0 komentar:

Posting Komentar