Kamis, 28 Oktober 2010

Kepribadian Bangsa Timur

             Kali ini saya akan membahas tentang "kepribadian bangsa timur". Sebelum kita mengkaji lebih dalam tentang kepribadian bangsa timur kita harus mengetahui apa itu yang dimaksud dengan kepribadian. Kepribadian (secara individu) adalah tingkah laku seseorang untuk menyesuaian diri terhadap lingkungannya. Jadi dapat kita simpulkan bahwa kepribadian bangsa timur adalah tingkah laku atau sikap warga negara suatu bangsa untuk menyesuaikan diri terhadap lingkuangannya.
      Kepribadian bangsa timur ( khususnya asia) sangat menjunjung tinggi rasa toleransi. Contohnya masyarakat timur masih mengenal budaya tolong menolong, gotong royong,ramah terhadap sesama, saling menghargai. Kepribadian tersebut menjadi dasar dalam hidup bermasyarakat bagi bangsa timur untuk mempererat tali silaturrahmi. Bangsa timur juga memiliki kepribadian yang masih berfikir preologis, memiliki rasa malu yang tinggi, identik dengan tradisi, dll.
      Kepribadian individu sangat berpengaruh dalam lahirnya sebuah kebudayaan manusia dan mendorong terbentuknya kepribadian umum suatu bangsa. Oleh karena itu, kepribadian bangsa timur tercipta oleh kepribadian individu masyarakatnya.
      Kepribadian bangsa timur sangat jauh berbeda dengan kepribadian bangsa barat. Hal ini dapat kita lihat pada letak wilayahnya, lingkungannya, gaya hidup masyarakatnya, kebiasaan, kebudayaan, kepribadian,dll. Hal tersebut dikarenakan pandangan hidup dan kebiasaan masyarakatnya. Walaupun adanya perbedaan tersebut, bangsa timur masih terbuka dengan bansa-bangsa lain.

v-class.gunadarma.ac.id
wartawarga.gunadarma.ac.id
ocw.gunadarma.ac.id
staffsite.gunadarma.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar